13. Cara-Cara Pengajuan Pembuatan VisaBila syarat telah terpenuhi dan siap untuk diajukan, selanjutnya adalah proses pengajuan. Ada cara-cara pengajuan pembuatan visa yang dapat anda simak secara seksama. Pastikan berkas permohonan sudah lengkap. Langkah apa sajakah tersebut?

1. Tentukan jenis visa

Ada beberapa macam visa yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Pertama, ada visa non-immigrant yaitu visa yang biasanya digunakan oleh orang yang bepergian ke luar negeri dengan tujuan wisata atau berlibur. Untuk jenis visa yang kedua ialah visa immigrant, yaitu visa yang diperuntukan untuk mereka yang ingin menetap sementara di negara tujuan. Ada juga program visa waiver yang melibatkan banyak negara yang mana anda bisa tinggal di sebuah negara dengan tujuan liburan atau bisnis selama 90 hari.

2. Lakukan pembayaran

Jika anda telah memilih jenis visa mana yang cocok untuk anda, kini saatnya anda membayar biaya pembuatan visa tersebut. Cara pembayaran visa ini dapat anda lihat pada halaman website resmi dari Kedutaan Besar negara yang akan anda kunjungi. Harga setiap jenis visa akan berbeda bisa dalam dollar maupun mata uang lokal. Ada beberapa bank yang telah ditunjuk untuk dapat melakukan pembayaran ini. Jadi, sebelum anda membayar, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu bank mana saja yang melayani pembayaran visa ini.

3. Melengkapi berkas

Selanjutnya ialah anda harus melengkapi semua berkas sebagai persyaratan pembuatan visa. Ada berkas data diri anda yang harus anda isi secara online. Dalam pengisian data tersebut, anda harus isi data diri anda secara benar karena data tersebut tidak dapat diganti. Selain pengisian data, ada juga beberapa berkas lainnya seperti pas foto, bukti pembayaran, bukti keuangan dan lain-lain.

4. Menjadwal wawancara

Kemudian, jika berkas persyaratan dalam cara pengajuan pembuatan visa lengkap, anda dapat langsung menjadwal wawancara secara online. Yang harus anda ingat dalam hal ini ialah nomor formulir online anda yang harus diperhatikan sebab nomor formulir online tersebut digunakan dalam melakukan penjadwalan wawancara visa.

5. Wawancara

Jika jadwal telah ditentukan, maka anda harus datang ke Kedutaan Besar untuk melakukan wawancara tersebut. Selain melakukan wawancara, anda juga harus menyerahkan semua berkas persyaratan yang diminta. Proses wawancara ini biasanya tidak akan lama, hanya beberapa menit, anda akan diberi pertanyaan mengenai alasan anda membuat visa.

6. Tunggu konfirmasi

Setelah anda melakukan wawancara, anda kini harus menunggu konfirmasi dari pihak Kedubes apakah cara pengajuan pembuatan visa anda disetujui atau tidak. Jika memang disetujui, visa akan dikirim ke tempat yang telah ditentukan oleh anda dan pihak Kedubes ketika wawancara dilakukan.