Cara Membuat Visa Online Amerika

Cara pembuatan visa online ini sebenarnya hampir sama dengan pembuatan visa biasa seperti harus melengkapi berbagai berkas dan melakukan wawancara. Yang membuat visa ini berbeda ialah kemudahan yang diberikan untuk mengurus berkas untuk traveller secara online.

Banyaknya orang Indonesia yang ingin melihat Negeri Paman Sam membuat permohonan pembuatan visa Indonesia ke Amerika makin meningkat. Melihat hal ini, pemerintah Amerika memberikan sebuah layanan visa online atau biasa disebut dengan e-visa.

E-visa ini pun sama seperti visa biasa, ada dua jenis visa yang bisa dibuat yaitu visa non-imigran untuk para traveller dan visa imigran untuk orang yang ingin menetap di Amerika. Untuk cara membuat visa online dengan negara tujuan Amerika, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan seperti berikut.

1. Membuat paspor

Sebelum anda membuat visa, tentu saja anda harus membuat paspor terlebih dahulu. Aturan ini merupakan aturan umum dalam membuat visa. Semua jenis visa yang ingin anda buat akan memberikan persyaratan ini. Maka dari itu, anda wajib membuat paspor terlebih dahulu sebelum mengajukan permintaan pembuatan visa online ini. lihat cara buat paspor disini

2. Melengkapi visa elektronik

Untuk step kedua dalam cara membuat visa online Amerika ialah dengan melengkapi data untuk visa elektronik yang disediakan secara online. Anda bisa mengisi kelengkapan data tersebut dengan membuka website resmi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta.

3. Melakukan pembayaran

Kemudian, sebelum anda dinyatakan bisa membuat visa, anda harus membayar biaya yang telah ditentukan oleh pihak Kedubes. Pembayaran dapat dilakukan di bank tertentu yang telah ditunjuk. Maka, akan lebih baik jika anda akan membayar biaya visa ini, anda harus mencari informasi mengenai bank mana saja yang dapat melayani pembayaran visa ini.

4. Menjadwal wawancara

Seperti pembuatan visa biasa, anda harus menjadwal wawancara yang dilakukan langsung di Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Dalam hal ini, anda harus menjadwal wawancara terkait dengan permohonan pembuatan visa anda secara online. Pada saat wawancara, anda akan diberi beberapa pertanyaan mengenai alasan anda pergi ke Amerika, dimana anda akan menginap, dan berapa lama anda di Amerika.

Saat anda melakukan tes wawancara ini pun, anda sekaligus harus menyerahkan berbagai berkas yang diminta oleh pihak Kedutaan Besar seperti paspor lama maupun baru, foto, dan kelengkapan lainnya. Jika anda telah melakukan wawancara visa, anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Kedubes mengenai visa elektronik anda. Daftar Kedubes bisa anda lihat disini

Itulah beberapa cara membuat visa Amerika. Hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan visa ini ialah anda tidak bisa membuat visa secara mendadak. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda membuat visa jauh hari sebelum keberangkatan anda.