Cara Membuat Visa Umroh

Cara Membuat Visa Umroh Tanpa Travel Agent

Cara Membuat Visa Umroh Tanpa Travel AgentBiasanya, membuat visa umroh akan dilakukan oleh seorang travel agen yang menyediakan jasa umroh dan haji. Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang ingin umroh sekaligus menjadi backpacker sehingga tidak terikat oleh agen.

Umroh merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar yang mengikuti umroh setiap tahunnya.

 

Memang menjadi backpacker tentu akan lebih menyenangkan, terlebih Anda bisa mengelili kota Mekkah sesuai dengan yang Anda inginkan. Nah, bagi Anda yang ingin membuat visa umroh tanpa terikat travel, berikut caranya.

  • Persiapkan passport asli dan masih berlaku untuk 7 bulan mendatang pasca keberangkatan. Di dalam paspor tersebut pastikan nama Anda terdiri dari tiga suku kata, misalnya: Widi Cahya Dewantara. Bila nama Anda terdiri dari dua atau hanya satu kata saja, maka Anda harus mengulang nama tersebut.

  • Persiapkah buku nikah dan juga Kartu Keluarga khusus bagi pasangan yang sudah menikah. Bila Anda ingin mengajak anak-anak Anda, maka Anda harus menyediakan akte lahir bagi anak dibawah 17 tahun. Khusus untuk anak perempuan, umurnya dibatasi hanya sampai 40 tahun saja.

  • Cara membuat visa umroh tanpa travel agen selanjutnya adalah menyiapkan buku kuning yang menjelaskan bahwa Anda telah di suntik meningitis. Setiap orang yang pergi ke Arab Saudi harus diberi vaksin agar terhindar dari penyakit karena disana tempat berkumpulnya orang dari seluruh dunia.

  • Kemudian Anda harus mempersiapkan tiket asli dari Jakarta menuju Jeddah PP. Karena Anda pergi secara personal tanpa travel agen, tiket keberangkatan harus berawal dari Jakarta agar bisa didata. Sediakan pula bukti hotel dan transportasi yang sudah Anda booking.

  • Pas foto 4 x 6 berwarna terbaru 6 lembar dengan background putih, keseluruhan tampak wajah sebanyak 80% agar mudah diidentifikasi atau dikenali.

  • Sebagai seorang backpacker yang ingin umroh ke Arab Saudi, Anda harus menyertakan kontak person ataupun orang yang memiliki tanggung jawab pada saat Anda umroh dan juga bepergian di Arab Saudi.

  • Jangan lupa untuk menyertakan jadwal rencana atau kegiatan perjalanan umroh.

  • Biaya untuk membuat visa umroh adalah 75 hingga 150 USD dan bisa berubah-ubah tergantung dengan kurs dollar setiap tahunnya.

Jadi, tadi adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat visa umroh tanpa harus terikat dengan travel agen. Meski terkesan lebih ribet karena harus mengurus semuanya sendiri, namun menjadi seorang backpacker adalah hobi sekaligus belajar untuk mandiri.

Yang terpenting adalah niat Anda untuk pergi umroh demi mendekatkan diri kepada Allah. Semoga sekilas cara membuat visa umroh diatas bisa memberi sedikit gambaran kepada Anda.

Leave a Reply