Apa itu Brexit ?

Ungkapan Brexit berasal dari bahasa Inggris, terdiri dari dua kata Great Britain (Britania Raya) dan Exit (keluar).  Adalah proses keluarya Britania Raya dari keanggotaan Uni Eropa.

Britania Raya sendiri terdiri dari negara : Inggris, Schotland, Wales dan Irlandia Utara. Penduduk negara tersebut telah melakukan pemilihan pada saat referendum 23 juni 2016. Isi referendum itu adalah : Haruskah Britania Raya tetap jadi anggota Uni Eropa atau harus keluar ?. Sebagian besar pemilih (51%) memutuskan keluar dari Uni Eropa.

Terus kapan mereka keluar secara resmi dari Uni Eropa ? Pada tahun 2019. Tepatnya tanggal 29 maret pukul 23.00 waktu setempat mereka keluar secara mutlak dari keanggotan Uni Eropa.

Sampai sekarang  masih terjadi perundingan alot antara kedua belah pihak. Tentang perjanjian dan persyaratan akan terjadi penarikunduran keanggotaan ini. Baik hubungan yang lalu maupun kelanjutan setelah mereka berdiri sendiri masih terus dibicarakan hal terbaik yang mereka inginkan.

Jadinya jika bila anda mau buat visa Inggris atau Visa Schengen maka kejadian ini juga akan berpengaruh. Baik sebagai pendukuk kedua pihak atau warga negara lain yang ingin berkunjung kesana. Seperti apa kebijakan itu ? kita tunggu perkembangan akhirnya.

Leave a Reply