Cara Membuat Visa Belanda

Daftar Dokumen dan Cara Membuat Visa Belanda

Daftar Dokumen dan Cara Membuat Visa BelandaMembuat visa merupakan salah satu langkah yang harus Anda lakukan bila ingin berpergian ke luar negeri. Salah satu negara yang paling sering dipilih sebagai tempat wisata adalah Belanda. Nah, bagi Anda yang ingin pergi ke Belanda tentunya Anda harus tahu cara membuat visa Belanda.

Memang dalam membuat visa membutuhkan proses yang bisa dibilang lama, namun dengan dokumen-dokumen yang tepat maka Anda bisa menyiapkan segalanya dengan benar sehingga mempercepat proses pembuatan.

Belanda termasuk negara di Eropa yang terkenal akan keindahannya, tak heran bila negara kincir angin tersebut menjadi destinasi favorit pala pelancong dunia.

Luas wilayah Belanda juga tidak lebih besar dari Jakarta sehingga setiap warga negara asing yang masuk harus didata dengan ketat. Nah, berikut adalah beberapa dokumen dan cara yang harus Anda lakukan untuk membuat visa Belanda.

  • Paspor. Anda harus memiliki paspor yang pastinya masih aktif untuk pergi ke Belanda. Pastikan paspor tersebut masih berlaku setidaknya 3 bulan.

  • Pas foto. Ukuran biasannya menyesuaikan dengan yang diminta oleh pihak kedubes. Anda bisa mempersiapkan foto 3 x 4 sebagai persiapan.

  • Harga visa. Untuk orang diatas 12 tahun adalah EUR 60 dan anak-anak EUR 35. Harga tersebut dibayar menggunakan rupiah pada kurs di hari Anda mendaftar.

  • Formulir permohonan. Diisi dengan lengkap dan ditandatangani. Isi formulir dengan benar sehingga tidak ada kekeliruan pada saat wawancara nantinya.

  • Asuransi perjalanan. Harus berlaku untuk wilayah Schengen dan minimal ganti rugi €30.000 sudah termasuk biaya repatriasi dan juga biaya pengobatan.

  • Bukti keuangan. Buku atau rekening bank dalam 3 bulan terakhir bisa juga slip gaji. Minimal data keuangan yang harus Anda miliki adalah 60 juta per bulan.

  • Reservasi penerbangan. Harus jelas kapan Anda pergi dan Anda pulang sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bahwa Anda akan menjadi pekerja illegal.

Cara membuat visa Belanda harus menggunakan dokumen yang asli. Bila terjadi pemalsuan diantara dokumen diatas, Anda bisa terkena tindak pemalsuan. Biasanya bila Anda menggunakan tour travel, Anda hanya perlu memberikan paspor dan uang untuk harga visa pada pihak tour travel.

Namun bila Anda ingin pergi dalam waktu yang lama secara personal ataupun grup, maka Anda harus melengkapi beberapa persyaratan diatas. Belanda termasuk negara yang sangat ketat sehingga proses keluar masuk warga asing haruslah jelas. Bila semua data diatas sudah diberikan, maka Anda harus menunggu panggilan untuk sesi wawancara di kedubes Belanda di Jakarta.

Pihak kedutaan juga bisa meminta dokumen tambahan sewaktu-waktu baik secara lisan maupun tertulis. Jadi, tadi adalah beberapa dokumen dan cara membuat visa Belanda yang harus Anda pahami sebelum mendaftar.

2 Comments

  1. laura Maret 16, 2016

Leave a Reply