Apa Itu Visa Bisnis

Apa itu Visa Bisnis ? Apa Saja Syarat Membuat Visa Bisnis?

Apa itu Visa Bisnis Apa Saja Syarat Membuat Visa BisnisAnda seorang pelaku bisnis? Tentu anda sering melakukan perjalanan bisnis baik dalam negeri maupun ke luar negeri bukan? Artikel kali ini akan membahas tentang apa itu visa bisnis dan apa saja syarat yang di butuhkan untuk membuat visa bisnis.

Visa bisnis adalah sebuah dokumen perijinan masuk ke sebuah negara dengan tujuan untuk melakukan perjalanan bisnis. Adapun kegiatan bisnis yang dimaksud dapat berupa acara pameran produk, kunjungan ke prabik rekanan, atau mau presentasi produk ke calon pembali. Bisa juga adanya rapat antar perusahaan. Jadi bisnis disini dalam arti luas.

Seperti jenis-jensi visa pada umumnya, untuk membuat visa bisnis anda bisa datang ke kantor konsulat atau kedubes negara yang menjadi tujuan perjalanan bisnis anda.

Pada instansi ini anda akan mendapatkan petunjuk tentang apa saja yang harus anda persiapkan untuk membuat sebuah visa bisnis karena beberapa negara menerapkan peraturan yang berbeda.

Syarat Umum Pembuatan Visa Bisnis

Apa itu visa bisnis sudah di terangkan di atas, lalu apa saja yang di butuhkan untuk membuat visa bisnis ini ? Berikut ini beberapa dokumen standar yang di perlukan untuk membuat visa bisnis yang anda butuhkan.

  • Paspor

Untuk membuat visa anda wajib memiliki sebuah paspor. Di mana paspor yang anda miliki masih berlaku minimal dengan masa berlaku selama 6 bulan. Di butuhkan pula fotokopi paspor halaman 1 dan 2 serta halaman yang ada visa negara yang bonafid yang telah anda kunjungi. Negara-negara yang dimaksud adalah mereka yang cukup punya nama dan tergolong dalam negara maju, seperti Korea, Amerika Serikat, Australia, Jerman dan seterusnya.

  • Pas foto

Syarat selanjutnya adalah pas foto dengan ukuran 4×6 berwarna dengan kondisi foto merupakan foto terbaru yang anda miliki. Foto disini harus bersifat formil. Tidak boleh sembarang. Buatlah foto di tukang foto profesional yang sudah berpengalaman dalam hal pembuatan foto untuk kegiatan resmi, seperti KTP, pembuatan SIM dsb.

Karena aturan tiap negara berbeda-beda. Tapi secara umum aturan foto adalah jelas dan tegas. Syaratnya seperti tidak boleh senyum sambil memperlihatkan gigi, mata terbuka, posisi wajah menghadap lurus serta daun harus telinga kelihatan. Adapun anda yang pakai jilbab biasanya tidak harus buka jilbabnya hanya untuk memperlihatkan telinga. Untuk lebih jelasnya cek aturan tiap negara.

Pada kantor kedutaan tertentu ada tukang foto profesional sendiri guna memastikan foto yang dibuat itu sesuai standar foto resmi internasional. Hal ini seperti terjadi pada Kedubes Belanda di Kuningan Jakarta, dimana para pengaju visa bisa foto dengan pose yang pasti diterima untuk pembuatan visa.

  • Surat undangan dari perusahaan

Bila anda diundang oleh perusahaan tentunya surat ini harus dibawa. Sebagai bukti syah dan meyakinkan kalau anda memang mau berbisnis dan bukan hanya melancong saja. Pastikan suranya utuh dan resmi dari perusahaan dan atas nama perusahaan. Seperti menggunakan kop surat dan stempel perusahaan serta ada tanda tangan dari direktut/staf terkait. Karena bisa surat undangan yang biasa saja, seperti perorangan akan sangat dipertanyakan kesyahannya.

  • Salinan SIUP perusahaan tujuan

Salinan SIUP milik perusahaan yang anda tuju dalam perjalanan bisnis juga di perlukan untuk mengantisipasi adanya pemalsuan kepentingan. Sehingga bisa dicek kebenaran perusahaannya (bila anda baru pertama kali kesana). Jangan sampai kena tipu perusahaan fiktif. Lihat juga acara, pameran, rapat dan lainnya apa benar-benar ada dan diagendakan pada waktu yang telah ditentukan.

  • Surat keterangan bekerja

Di butuhkan surat yang menyatakan anda bekerja pada sebuah perusahaan tertentu di Indonesia di mana di cantumkan lama anda bekerja serta alamat lengkap beserta nomor telepon perusahaan anda bekerja. Lampirkan juga SIUP dan NPWP perusahaan anda sebagai bukti bahwa anda melakukan perjalanan bisnis dengan resmi.

  • Salinan kartu keluarga dan akte nikah

Dokumen ini di butuhkan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu saat anda sedang berada di luar negeri saat melakukan perjalanan bisnis. Orang terdekat yang bisa dihubungi biasanya dimintai guna lakukan komunikasi pada kasus-kasus tertentu. Pada kartu keluarga atau surat nikah juga bisa menjadi pertimbangan tentang pengambilan keputusan diterima tidaknya pengajuan visa. Orang yang berkeluarga dan menikah biasany lebih mudah diterima dari pada orang single/sendiri. Dengan alasan ditakutkan kalau sendiri orang bisa saja tinggal dan menetap dinegara tujuan secara illegal dan tidak pulang lagi ke negara asal.

  • Bukti-bukti dokumen perjalanan

Juga di perlukan beberapa bukti di antaranya bukti keuangan selama 3 bulan terakhir dengan menunjukkan buku tabungan. Karena persyaratannya adalah hanya harus punya dana untuk bisa hidup selama perjalanan dinegara tujuan. Sertakan juga bukti reservasi tiket pesawat pulang pergi dan bukti booking hotel yang telah anda konfirmasikan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu visa bisnis. Semoga artikel ini bisa memperkaya pengetahuan anda tentang visa bisnis serta apa saja dokumen yang perlu di persiapkan saat membuat visa bisnis.

Leave a Reply