Apa Itu Visa Kerja

Apa itu Visa Kerja? Dan Bagaimana Cara Pembuatannya ?

 Apa itu Visa Kerja Dan Bagaimana Prosedur Pembuatan Visa Kerja TersebutIngin kerja di luar negeri ? mungkin anda saat ini sedang cari informasi bagaimana caranya bisa kerja dengan penghasilan dollar, euro atau pondsterling.

Bekerja di luar negeri memang sangat menggiurkan dibandingkan dengan kerja di Indonesia. Karena gaji  yang berlipat dengan fasilitas yang lengkap. Tapi pertanyaan yang paling mendasar ? Bagaimana cara mendapatkan visa kerja yang diidamkan dengan mudah ?

Lewat Agency atau Sendiri ?

Ada berbagai cara mendapatkan visa kerja luar negeri. Namun yang paling lazim adalah visa kerja lewat Agency. Seperti yang marak selama ini adalah jasa pembuatan visa dari Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Kalau anda sudah penuhi syaratnya dan bersedia membayar, pembuatan visa dari perusahaan ini kerap tanpa kendala, Adapun biaya ini biasanya dengan sistem potong gaji.

Tentu perusahaan PJTKI yang dipakai harus resmi. Karena banyak juga agency bodong yang tidak bertanggung jawab dan hanya cari keuntungan semata tanpa memberikan layanan yang benar. Perusahaan harus punya ikatan kerjasama dengan perusahaan penyedia pekerjaan. Jadi dengan sendirinya ada surat kontrak kerja. Yang mana ini adalah syarat mutlak dibuatnya visa kerja.

Bagi anda yang tidak mau berurusan dengan PJTKI, buat visa sendiri menjadi pilihan selanjutnya. Loh memang bisa buat visa kerja tanpa agency ? Sejatinya, seperti yang disebut diatas, dasar dikeluarkannya visa kerja adalah adanya surat kontrak kerja antara karyawan dengan perusahaan. Sehingga bila anda melamar langsung ke perusahaan dan diterima kerja. Otomatis surat kontrak kerja akan didapatkan. Dengan surat ini beserta dokumen umum lain yang dibutuhkan anda bisa ajukan pembuatan visa kerja.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana dapat kerja di luar negeri ?

Tidak seperti dulu yang harus kunjungi setiap agen satu-satu. Di jaman internet seperti sekarang ini mencari kerja bukan persoalan rumit lagi. Tinggal modal HP atau Laptop anda bisa online dan surfing cari lowongan kerja dari berbagai pelosok kota sejagad dunia.




Jenis Pekerjaan di Luar Negeri

Bekerja di luar negeri tentu berhadapan dengan berbagai macam aturan dan budaya negeri setempat yang jauh beda dengan Indonesia. Lebih lagi anda akan bersaing dengan tenaga lokal yang punya keahlian lebih . Maka dari itu jika anda mau kerja ke luar negeri pastikan skill atau kemampuan anda harus diasah agar bisa bersaing.

Jika anda kerja lewat agency faktor utama dari diterimanya kerja selain skill adalah upah yang murah bagi perusahaan, dibanding tenaga lokal negara setempat. Contoh kerja yang paling sering adalah di pabrik. Seperti pabrik perakitan mobil, perakitan elektronik, pabrik pembuatan sepatu, jahit baju dan seterusnya. Itu tergolong kemampuan yang mudah.

Selain itu faktor bahasa juga sangat diperhatikan. Setidaknya bahasa Inggris harus anda kuasai, tapi lebih baik lagi bahasa negara setempat. Misalnya anda mau kerja di pabrik Korea, usahakan belajar bahasa Korea dulu. Jika ingin bekerja di Belanda, kuasai Bahasa Belanda. Pada beberapa kasus, kemampuan berbahasa lokal malah diwajibkan.

Harus Punya Skill Mumpuni

Terus bagaimana jika anda ingin buat visa sendiri tanpa perantara agency ? Tentunya anda harus punya nilai jual yang lebih dari rata-rata. Misalnya sudah berpengalaman bertahun-tahun bekerja di luar negeri, atau punya skill yang tidak banyak dimiliki orang. Seperti Tukang Las Bawah Laut, Ahli perminyakan lepas pantai (off shore), Teknisi Pesawat Terbang, Ahli Nano Teknologi atau Pakar IT dan Pemrograman.

Profesi seperti yang disebutkan diatas tergolong langka dan membutuhkan tenaga handal dari negara manapun. Jadi peluang tergolong terbuka lebar. Karena itu bila anda kuasai skill langka bisa ajukan lamaran langsung ke perusahaan tanpa lewat agen. Tidak harus bersarjana tinggi, kemampuan unik lain seperti memasak misalnya juga bisa. Bayangkan kalau ada restoran asli Indonesia yang buka di luar negeri, tentunya butuh Koki yang handal. Jika anda pintar masak makanan khas Indonesia, bisa jadi pekerjaan koki di luar negeri bisa dijalani.

Prosedur Pembuatan Visa Kerja

Jika anda berencana untuk bekerja di luar negeri, yang perlu anda pahami adalah mengurus visa bukanlah merupakan suatu pekerjaan yang sulit selama direncanakan dengan baik. Dan anda juga harus memperhatikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Secara umum beberapa persyaratan pembuatan visa kerja adalah sebagai berikut.

  • Membuat permohonan pengajuan visa kerja pada perwakilan negara yang akan dituju . Jangan lupa untuk melampirkan persyaratan-persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

  • Persyaratan yang harus dilampirkan antara lain fotokopi paspor yang masih berlaku, bukti memiliki biaya hidup selama tinggal di negara yang akan dituju serta pasfoto sebanyak satu lembar dengan ukuran 4×6 cm.

  • Jika lebih rinci persyaratannya sebagai berikut :
    Dari pihak pekerja (anda sendiri) perlu menyajikan data berikut :

    •   2 pas foto resmi
    • Fotokopi halaman ID paspor
    • Resume / CV
    • Fotokopi kemampuan akademis
    • Surat tugas / kontrak asli
    • Uraian pekerjaan
  • Jika sudah berkeluarga dan ingin mereka ikut bersama anda, syaratnya seperti berikut ini :
    • 2 pas foto
    • Fotokopi Buku Nikah
    • Fotokopi akta kelahiran anak-anak
    • Fotokopi halaman paspor
    • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Dari perusahaan mensponsori
    • Surat undangan
    • SIUPP / Daftar Perusahaan (Certificate of Incorporation)
    • Fotokopi Sertifikat Pembayaran Pajak untuk tahun sebelumnya
    • laporan keuangan untuk tahun fiskal terakhir
  •  Selain persyaratan administrasi di atas, seseorang yang bisa mendapatkan visa kerja adalah mereka yang sesuai dengan persyaratan orang asing dalam rangka bekerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara tujuan. Seperti misalnya bebas dari catatan kriminal, tidak terlibat terorisme. Dan punya tempat tinggal yang layak serta memiliki asuransi kesehatan.

Namun, yang perlu diingat adalah setiap negara akan memiliki persyaratan masing-masing dalam mengeluarkan visa kerja pada warga asing. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu persyaratan yang diajukan oleh negara yang akan dituju dalam memberikan visa kepada calon pekerja yang akan bekerja di negaranya.

Selain itu, tips-tips mengurus visa ke luar negeri berikut ini bisa anda jadikan sebagai bahan acuan dalam membuat visa kerja.




  • Pastikan anda memiliki kunci utama

Kunci utama dalam pembuatan visa kerja adalah undangan atau keterangan dari perusahaan tempat pemberi kerja. Berupa surat kontrak kerja. Jika surat pemberian tugas bekerja di luar negeri tersebut sudah di tangan, pembuatan visa kerja pun dapat berjalan lancar.

  • Buatlah visa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

Proses pembuatan visa umumnya memakan waktu hingga 5-8 hari kerja dengan catatan dokumen persyaratan telah lengkap. Daripada salah perhitungan mengenai waktu, sebaiknya persiapkan pembuatan visa jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Dengan uraian diatas semoga anda semakin mengerti tentang seluk beluk visa kerja yang merupakan satu dari sekian banyak jenis-jenis visa yang ada. Dan akhirnya anda bisa menjawab pertanyaan : apa itu visa kerja. Jangan lupa untuk berusaha dan berdoa, karena ini akan semakin mempermudah langkah mendapatkan kerja di luar negeri.

97 Comments

  1. zulkifli Maret 18, 2018
    • admin Maret 19, 2018
  2. Chuluq April 3, 2018
  3. RIFKA amalia Mei 27, 2018
    • admin Juni 12, 2018
  4. Dian UK Juni 30, 2018

Leave a Reply