Apa Itu Visa Turis

Apa Itu Visa Turis ? Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Itu Visa Turis Dan Bagaimana Cara MembuatnyaApakah anda sedang merencanakan sebuah liburan ke luar negeri bersama keluarga? Tentu anda harus mempersiapkan visa turis di samping paspor yang menjadi dokumen wajibnya.

Dari sekian banyak tipe visa, salah satunya ada visa untuk liburan. Yaitu yang lebih dikenal dengan nama Visa Turis. Bagaimana cara mengajukan permohonan pembuatan visa ini ? Kali ini akan kami bahas dengan tuntas mengenai pembuatan visa turis.

Visa turis adalah sebuah visa yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin melakukan kunjungan wisata ke sebuah negara yang menjadi tujuan wisatanya. Sebagai contoh jika anda ingin melakukan perjalanan wisata ke Australia maka anda di haruskan untuk melakukan permohonan pembuatan visa turis Australia. Dengan demikian anda dapat melakukan perjalanan di Australia dengan aman dan nyaman.

Jika pertanyaan tentang apa itu visa turis? sudah terjawab, lalu bagaimana prosedur pembuatan visa turis tersebut? Mudahkah prosedurnya? Mahalkah biayanya? Apa saja yang harus di persiapkan untuk membuat visa turis? Nah, mari kita bahas mengenai apa saja syarat pembuatan visa turis.

  • Formulir pendaftaran

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran. Setiap orang harus mengisi satu lembar formulir utama dan satu lembar formulir tambahan. Isi formulir tersebut dengan data diri yang anda miliki dengan lengkap dan benar agar supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

  • Fotokopi paspor

Anda tak akan bisa mengajukan permohonan pembuatan visa jika anda tak memiliki paspor. Untuk membuat visa dibutuhkan fotokopi paspor yang terdiri dari halaman biodata, visa, serta cap dari kantor imigrasi yang mengeluarkan paspor.

  • Pas foto

Dalam pembuatan visa juga dibutuhkan foto yang di haruskan merupakan foto terbaru anda. Foto ini berfungsi sebagai alat identitas anda ketika anda berada di luar negeri nanti. Foto harus berformat resmi. Anda hendaknya membuat di tukang foto profesional. Katakan kalau buat pas foto untuk membuat visa.

  • Bukti Keuangan

Adalah penting menunjukkan kalau anda punya uang yang cukup. Ini terlihat pada rekening tabungan anda. Biasanya harus sampai 3 bulan terakhir. Tujuannya supaya anda bisa dan mampu melakukan perjalanan wisata. Uang ini diperlukan untuk beli tiket pesawat, booking hotel, uang makan dan tiket masuk wisata. Berapa uang yang dibutuhkan ? Ini akan sangat tergantung pada lama perjalanan anda. Tapi biasanya sekitar $5000 agar posisi keuangan anda aman. Terlebih jika anda mau pergi sendiri, backpacker misalnya. Syaratnya lebih ketat.

  • Surat pernyataan dari tempat bekerja

Beberapa negara mengharuskan adanya surat pernyataan dari tempat bekerja yang menerangkan tentang informasi berapa lama anda sudah bekerja. Berapa gaji yang di terima serta berapa jangka waktu cuti atau liburan yang di setujui. Hal ini di perlukan untuk mengantisipasi adanya salah penggunaan visa saat berada di negara mereka.

  • Surat Keterangan Sekolah / Kuliah

Bagi anda yang masih menempuh pendidikan hal ini sangatlah penting. Pada proses pengajuan pembuatan visa bagi anak muda usia produktif seleksinya lebih ketat. Karena dikhawatirkan kategori tipe ini beresiko menetap di negara tujuan secara ilegal. Untuk apa ? dengan tujuan cari kerja. Jadi jika ada surat keterangan dari sekolah, akan sangat membatu disetujuinya visa turis anda.

  • Asuransi Perjalanan

Ini yang penting untuk pelindung anda selama berwisata. Bahkan untuk mempunyai asuransi perjalanan hukumnya adalah wajib. Jadi anda perlu pertimbangank untuk beli polis asuransi ini. Ada berbagai manfaat yang diberikan guna memberi sedikit ketenangan selama anda berlibur. Dan harganyapun tidak begitu mahal.

Itulah beberapa prosedur pembuatan visa yang di butuhkan agar supaya perjalanan wisata anda menjadi nyaman dan menyenangkan. Tentunya penjelasan di atas sudah bisa menjawab pertanyaan apa itu visa turis?

Anda bisa mengajukan pembuatan visa melalui kantor kedutaan atau konsulat negara tujuan wisata anda. Dan perlu di ketahui bahwa syarat membuat visa adalah jika umur kita berada dibawah 18 tahun maka kita perlu menyerahkan formulir khusus dan menyerahkan KTP orang tua kita ke pihak konsulat.

Dan anda tidak perlu menyerahkan bukti tiket pesawat dan bukti booking hotel selama anda melakukan perjalanan wisata tersebut. Anda hanya perlu memberikan informasi di mana kita akan tinggal dengan mencatatnya di formulir yang dibawa. Tiket pesawat dibeli jika visa turis telah keluar. Ingat jangan beli tiket pesawat dulu. Karena visa belum tentu disetujui. Jika anda menemukan tiket pesawat murah dan ingin beli sementara visa belum keluar. Berarti anda siap dengan resiko yang ada.

Itulah sekilas pembahasan mengenai apa itu visa turis? Semoga dapat memberikan informasi kepada anda.

34 Comments

  1. ani mariah Agustus 7, 2016
    • admin Agustus 8, 2016
  2. era November 6, 2016
    • admin November 6, 2016
  3. mae Desember 5, 2016
    • admin Desember 14, 2016
  4. titi Desember 13, 2016
    • admin Desember 14, 2016
  5. Bagus Desember 26, 2016
    • admin Januari 8, 2017
  6. fika Desember 31, 2016
    • admin Januari 8, 2017
  7. tiara Januari 11, 2017
    • admin Januari 12, 2017
  8. Swf Januari 13, 2017
    • admin Januari 17, 2017
  9. pratama Januari 29, 2017
    • admin Februari 12, 2017
  10. Diyanti Maret 5, 2017
  11. meli April 27, 2017
    • admin April 27, 2017
  12. Meli Mei 2, 2017
  13. Meli Mei 2, 2017
  14. dina Juli 19, 2017
    • admin Agustus 14, 2017
  15. Nur September 2, 2017
    • admin September 4, 2017
  16. Sartika Oktober 30, 2017
  17. Purwaning Desember 16, 2017
  18. Erlin Januari 18, 2018
  19. Luthfi Nurul I Januari 28, 2018
    • admin Februari 22, 2018
  20. Mimi Juni 4, 2018
    • admin Juni 12, 2018

Leave a Reply