Cara Membuat Visa Amerika

Cara Membuat Visa Amerika dan Dokumen-Dokumen yang Diperlukan

Cara Membuat Visa Amerika dan Dokumen-Dokumen yang DiperlukanApakah anda ingin melakukan perjalanan ke Amerika, namun bingung dan pusing dengan berbagai persayaratan cara membuat visa amerika ini? Tenang saja, karena dalam artikel ini akan dibahas beberapa persyaratan yang diperlukan untuk membuat visa ke Amerika.

Ada dua macam visa yang disediakan oleh kedutaan besar Amerika di Indonsia, yaitu:

  1. Visa non imigran: Visa ini diperuntukan untuk mereka- mereka yang hanya berkunjung sementara ke Amerika seperti, wisata, study, bisnis, dan lain sebagainya. Untuk jenis visanya disesuaikan dengan tujuan perjalanan masing- masing.

  2. Visa imigran: Visa yang digunakan untuk mereka yang memiliki rencana untuk menetap di AS.

Untuk Langkah dan cara membuat visa amerika adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran untuk pengajuan visa non-imigran. Pembayaran dapat dilakukan secara Electronic Fund Transfer (EFT) dari bank- bank tertentu dan juga dengan cara tunai ke bank CIMB Niaga.

  2. Mengisi data diri dan identitas pada aplikasi visa elekronik (DS-160). Pengisian data ini akan berkaitan dengan step berikutnya yaitu wawancara.

  3. Menjadwalkan wawancara atau interview secara online.

  4. Menyiapkan dan mengumpulkan dokumen- dokumen dan berkas- berkas yang perlukan saat wawancara.

  5. Mendatangi Kedubes AS untuk Indonesia dengan membawa persyaratan- persyaratan sebelumnya.

Dan berikut ini adalah dokumen- dokumen yang perlu dibawa saat wawancara:

  1. Halaman yang berisi konfirmasi untuk jadwal wawancara/ interview.

  2. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan.

  3. Bukti pembayaran Electronic Fund Transfer (EFT) dari bank yang anda gunakan untuk membayar, seperti bank Permata, Bank Standard Chartered, Bank CIMB Niaga, dan lain sebagainya.

  4. Lembar Konfirmasi DS-160 yang dicetak dengan kertas A4 dan portrait.

  5. Pas foto berwarna terbaru, minimal 6 bulan terakhir dengan ukuran 5 x 5. Latar belakangnya putih.

Sebagai tambahan anda juga bisa menyiapkan berkas-berkas berikut: bukti kondisi keuangan yang berupa bukti pendapatan atau penghasilan atau surat dari perusahaan, dan rancangan atau planning kegiatan selama di Amerika.

Adapun biaya pengajuan visa Amerika saat ini adalah sekitar $160 atau kurang lebih apabila dikurskan menjadi Rp. 2.000.000,00 ini untuk visa kunjungan sementara, seperti wisata, study, pertukaran pelajar, urusan bisnis, dan lain-lain. Sedangkan untuk kunjungan lainnya yang lebih lama seperti pekerja musiman, pekerja keagamaan, dan kunjungan untuk acara-acara besar ada sedikit kenaikan harga yaitu $190 atau kurang lebih Rp. 2.500.000,00.

Terlihat memang dengan cukup jelas perbedaan prosedur pengajuan visa antara visa wilayah Amerika dengan negara lainnya. Amerika memiliki keamanan yang cukup ketat di sektor migrasinya, jadi tidak semua orang bisa lalu lalang keluar masuk Amerika seenaknya.

Buktinya dengan diadakannya interview untuk mereka yang ingin berkunjung ke Amerika walaupun untuk sementara. Hal ini terkait dengan keamanan wilayah Amerika serikat sendiri.

Memang cara membuat visa amerika tidak semudah negara lain, namun alangkah baiknya anda tetap mengikuti prosedur yang ada karena jika semua terpenuhi tentu permohonan visa anda akan disetujui.

One Response

  1. KHOIRUDIN Desember 2, 2016

Leave a Reply